Editing

Editing

Kami akan mengedit naskah Anda menjadi lebih baik dan enak dibaca. Kami akan membantu perbaiki gaya penulisan, alur, pemilihan kata, susunan kalimat, dan lain sebagainya. Dalam mengedit naskah, kami akan mempertimbangkan hal berikut:

  1. Susunan kalimat
  2. Pemilihan kata
  3. Pengulangan
  4. Tata bahasa
  5. Keterbacaan dan kedekatan
  6. Memperbaiki frasa yang tidak tepat.
  7. Alur penulisan

Macam Uraian Pekerjaan dalam Penyuntingan Naskah

  • Keterbacaan (Readability), bahwa naskah itu, pada akhirnya harus dapat dibaca oleh pembaca yang dituju, (sasaran pembacanya ). Selain hal itu kejelasan (legibility), bahwa naskah itu jelas bias dipahami pembacanya, tidak membingungkan bahkan dapat menimbulkan penafsiran yang salah.
  • Konsistensi (Consistency), bahwa naskah itu dalam penulisannya harus taat asas/ konsisten (dalam ejaan penulisan, penawaran/pembabakan, dsb).
  • Kebahasaan/Tata bahasa (Structure) bahwa naskah itu tata bahasanya enak, benar dan sesuai jenis bacaannya. Masalah bahasa ini menjadi sangat penting, karena tidak semua buku memiliki kebahasaan yang selalu sama . Buku anak, buku remaja, buku orang dewasa, dan buku orang tua terlihat perbedaan yang jelas dalam kebahasaannya. Apalagi dikaitkan pada jenis buku yang diterbitkannya. Apalagi dikaitkan pada jenis buku yang diterbitkan: buku Ilmu Pengetahuan, bukan komik, buku sastra, dan lainnya akan dapat kita lihat perbedaannya karena kelaziman dalam kebahasaannya.
  • Gaya bahasa (House Style) bahwa naskah itu dalam penulisannya/penyajiannya, memiliki gaya yang disebut gaya bahasa/gaya penulisan. Setiap gaya ini tidak dapat dihilangkan atau tidak boleh dijadikan satu jenis gaya saja, karena identitas/ciri lkarya tulis seorang penulis akan hilang.
  • Ketelitian data/fakta (Accuracy), bahwa naskah itu memuat data/fakta yang tepat dan bias dipertanggung jawabkan ketepatannya, sehingga tidak membuat pembaca melakukan kesalahan akibat membaca naskah tersebut.
  • Legalitas (Legality), dan kesopanan bahwa naskah itu memiliki keabsahan untuk diterbitkan, karena tidak ada pihak lain yang menuntut kepemilikan atas naskah tersebut. Selain itu kesopanan, karena naskah akan mengganggu keterkaitan masyarakat dan melanggar peraturan atau warna yang ada, bila tidak dijaga kesopanannya.
  • Kelengkapan naskah (untuk diproduksi) bagian-bagian naskah haruslah lengkap detailnya (Production details), karena aturan naskah akan terputus, bila tidak diperbaiki /diperiksa lebih dahulu pembaca yang memerlukan kelengkapan data/ fakta, bahkan mengganggu pemahaman. Selain itu bagian-bagian penting dari buku secara fisikal (hasil produksi)telah lengkap penaskahannya.